The Parthenon


Parthenon adalah kuil kuno Yunani yang dibangun untuk dewi Athena pada abad ke-5 SM.
Kuil Parthenon yang dipersembahkan pada dewi Athena, sebagai pelindung kota Athena, saat itu baru selesai sebagian. 

Setahun kemudian, tentara Persia dipukul mundur. Untuk memperingati kesucian Acropolis, penduduk Athena tetap membiarkan reruntuhan itu apa adanya. 

Baru pada tahun 449 SM, ketika kota Athena berhasil menang mutlak atas orang Persia, penduduk Athena membiarkan pembangunan kembali Acropolis. Kuil Parthenon adalah kuil utama kota Acropolis. 

Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia. Banyak orang menyangka Phidias adalah arsitek Kuil Parthenon. Phidias bukan arsitek Kuil Parthenon, melainkan pematung yang membuat patung emas Dewi Athena di dalam Kuil Parthenon. Arsitek Kuil Parthenon sebenarnya adalah Ictinus dan Callicrates. 

Kuil Parthenon sesungguhnya hanya memiliki sedikit garis lurus di seluruh kuil. Namun, arsitek Parthenon sungguh pintar. Penyelesaian yang dilakukan sangat halus hingga terciptalah kesan simetris. 

Sebuah tiang dengan sisi yang lurus akan tampak lebih kurus ditengah. Tiang Parthenon pun dibuat sedikit mengelembung. Sementara itu, tiang disudut sedikit lebih gemuk dibandingkan yang lain. Ini dirancang agar tiang itu tidak tampak lebih kurus karena latar belakang Kuil Parthenon adalah langit terbuka. 

Parthenon dibuat tidak berjendela, dengan atap dari kayu dilapisi ubin dari marmer. Lapisan ini cukup tipis sehingga dapat meneruskan cahaya matahari yang membaur kedalam. Acropolis berasal dari bahasa Yunani acros yang berarti ‘tertinggi’ dan polis berarti ‘kota’. 

Orang Yunani membangun kota mereka dalam dataran disekitar bukit. Di atas bukit itu kemudian dibangun bangunan sebagai tempat peristirahatan, ibadah, dan pertahanan diri. 

Pasti luar biasa indah memandang Parthenon dipagi dan sore hari. Warna langit yang merah lembayung menjadi latar belakang Parthenon yang megah. Latar belakang langit memang salah satu keunggulan Kuil Parthenon. 

Parthenon ditempatkan sedemikian rupa sehingga kuil ini akan selalu terlihat dengan latar belakang langit. Dewi Athena adalah pelindung kota Athena. Parthenon adalah kuil yang dipersembahkan untuk Athena. Tak heran kalo patung Dewi Athena di Kuil Parthenon dibuat seindah mungkin. 

Athena diperindah dengan lebih dari satu ton emas. Patung yang tingginya lebih dari 13 meter ini lebih mahal ketimbang bangunan Parthenon. Lihatlah pakean emas Athena. Pakaian ini dapat dilepas ketika ada bahaya. Athena adalah putri kesayangan Zeus, pemimpin para dewa. 

Athena adalah dewi pengatur dewa di Olimpus dan salah satu dewi yang paling penting dalam mitologi Yunani. Athena mempunyai banyak nama, orang Yunani juga menyebutnya Pallas Athena dan orang Romawi menyebutnya Minerva. 

Parthenon memiliki sejarah yang sangat panjang dan juga berumur ribuan tahun - dan itulah yang menjadi daya tarik dari Parthenon ini. Selain itu, dikarenakan aksi pemboman di masa lalu, Parthenon dan bangunan lainnya yang juga terletak di akropolis Athena hampir hancur seluruhnya. 

Tragedi ini yang kemudian mendorong beberapa arsitektur dunia untuk memperbaiki Parthenon ke wujudnya semula.Di saat inilah, fakta menarik di balik Parthenon terkuak. 

Struktur arsitektur Parthenon ternyata sangat rumit dan membuat banyak arsitektur-arsitektur dunia perlu berpikir keras untuk merekonstruksi bangunan ini. Saking rumitnya, Parthenon masih belom dapat dibangun kembali seperti sediakala walaupun telah dibantu dengan teknologi modern. 




Ini merupakan salah satu dari fakta menakjubkan, mengingat Parthenon telah dibangun ribuan tahun yang lalu dengan menggunakan peralatan-peralatan kuno.