Piala Oscar



Piala oscar atau disebut juga academy award adalah sebuah penghargaan pada sebuah film atau artisnya yang diberikan oleh sebuah organisasi penghormatan profesional yang disebut AMPAS atau Academy of Motion Picture Arts and Sciences. 

Penghargaan Piala oscar pertama kali diberikan pada 16 Mei 1929 namun hasilnya sebenarnya telah diumumkan pada 18 Februari, tiga bulan sebelumnya. 


Para artis dan produser berlomba lomba untuk menampilkan hasil karya terbaik mereka di ajang bergengsi ini. Namun didalam perjalanan academy award ini, terdapat beberapa fakta unik tentang piala oscar yang mungkin akan membuat anda terkejut.

Sejarah Piala Oscar
Academy of Motion Picture Arts and Scienses (AMPAS) pada tahun 1927 dibentuk oleh 36 orang yang bergerak dalam industri film. Mereka kemudian memilih aktor film Douglas Fairbanks, Sr sebagai ketua pertama. 

Pada tahun 1929, AMPAS untuk pertama kalinya memberikan penghargaan Academy. Penghargaan ini adalah pengakuan keunggulan dalam industri film. Penghargaan ini menjadi standar tetap industri perfilman yang telah diakui.

Voting anggota AMPAS mewakili empat belas kategori dari industri film untuk menentukan siapa yang layak menerima penghargaan. Proses pemungutan suara dimulai pada bulan November setiap tahun. Studio film, perusahaan penerbitan dan distributor film, sebelumnya memulai upaya mereka untuk memberikan informasi kepada anggota pemungutan suara dari AMPAS untuk melihat film mereka.


Bulan Januari, surat suara dari Academy Awards didistribusikan ke anggota pemungutan suara, yang memiliki satu bulan untuk membuat nominasi mereka dan mengembalikannya ke kantor PricewaterhouseCoopers, Pricewaterhouse adalah sebuah layanan profesional yang digunakan untuk tabulasi suara. 


PricewaterhouseCoopers menjamin keamanan pemungutan suara. Hanya dua orang yang dipekerjakan oleh PricewaterhouseCoopers yang mengetahui hasil pemungutan suara penghargaan sebelum perhelatan digelar.


Pada bulan Februari, PricewaterhouseCoopers mengumumkan hasil nominasi. Anggota voting kemudian menerima surat suara untuk memberikan suara mereka untuk memilih pemenang Piala Oscar dalam setiap kategori. 


Mereka kemudian kembali ke layanan tabulasi. Meskipun banyak dari empat belas kategori Oscar telah berubah sejak 1927, penghargaan masih termasuk dalam penghargaan ini termasuk aktor, produser, sutradara, penulis dan teknisi.


Kategori yang dinilai dalam penghargaan oscar antara lain :



Produksi
Film Terbaik
Sutradara Terbaik
Skenario Asli Terbaik
Skenario Adaptasi Terbaik



Akting
Aktor Terbaik
Aktris Terbaik
Aktor Pendukung Terbaik
Aktris Pendukung Terbaik



Produksi teknis
Tata Artistik Terbaik
Sinematografi Terbaik
Penyuntingan Terbaik
Efek Visual Terbaik



Musik
Musik Orisinil Terbaik
Lagu Orisinil Terbaik



Suara
Tata Suara Terbaik
Penyuntingan Suara Terbaik



Kostum dan Tata Rias
Desain Kostum Terbaik
Tata Rias Terbaik



Animasi
Film Animasi Terbaik
Film Animasi Pendek Terbaik



Dokumenter
Film Dokumenter Terbaik
Film Dokumenter Pendek Terbaik



Lain-lain
Film Berbahasa Asing Terbaik
Film Live Action Pendek Terbaik


Asal Nama Piala Oscar

Oscar sendiri adalah sebuah patung, yang dibuat oleh R.S. Owens Company of Chicago. Saat ini Oscar memiliki tinggi 34,3 cm dan berat 3,8 kg. Oscar terbuat dari paduan tembaga, perak, nikel dan dilapisi emas. 


Selama perang dunia kedua, patung-patung tersebut dibuat dari plster. Penerima penghargaan kemudian menukarkan patung tersebut dengan versi emas setelah perang dunia kedua berakhir.


Di tahun 1930-an para penerima penghargaan diberi versi miniatur. Satu contoh Oscar dari bahan kayu diberikan Edgar Bergen. Walt Disney menerima tujuh patung Oscar miniatur untuk film Snow White and the Seven Dwarfs, yang merupakan film animasi pertama. Patung tersebut dirancang oleh Metro Golden mayer, direktur seni Cedric Gibbon dan pematung George Stanley.


Oscar menggambarkan seorang ksatria yang sedang memegang pedang, berdiri di atas gulungan film. Gulungan film memiliki lima jari, mewakili lima cabang asli dari AMPAS. Tahun 1949 menandai tahun pertama bahwa patung Oscar diberi nomor, dimulai dengan nomor 501. Dalam perkembangannya Oscar mengalami peristiwa mengejutkan, 55 Oscar menghilang sebelum program penghargaan dilangsungkan pada Maret 2000. Kemudian 52 dari patung-patung yang ditemukan di Los Angeles dalam bak sampah.


Penghargaan pertama dari perhelatan tersebut sebenarnya dihelat dalam sebuah acara perjamuan makan malam. Siapapun yang ingin hadir harus memiliki tiket. Pertama kali Academy Award dilakukan di hotel yang besar di Ambassador dan Blitmore di Los Angeles.

Namun dalam perkembangannya, ketika kepentingan publik berbicara, perhelatan tersebut dipindahkan ke bioskop yang lebih besar. Hal tersebut juga untuk mengakomodasi sejumlah kelompok perfilman yang tumbuh.


Saat ini, Academy Award dapat disaksikan oleh jutaan pasang mata di seluruh dunia melalui siaran televisi. Di awal ajang ini berlangsung, masyarakat hanya dapat menikmatinya melalui siaran radio. Siaran melalui televisi, terjadi untuk pertama kalinya pada tahun 1953 saat perhelatan tahun ke-25.


Academy Award telah diselenggarakan setiap tahun tanpa menemui masalah kecuali pada tiga kesempatan. Pada tahun 1938, Los Angeles banjir sehingga acara tertunda satu minggu. Tiga puluh tahun kemudian, pada tahun 1968, program ini ditunda dua hari agar tidak bertepatan dengan pemakaman Martin Luther King. Penundaan terakhir (sampai saat ini) adalah tahun 1981 ketika percobaan pembunuhan Presiden AS Ronald Reagan terjadi. saat itu penghargaan ditunda selama 24 jam.


Fakta Fakta Unik Seputar Piala Oscar

Patung Oscar seberat 8.5 pounds. Patung yang diberikan kepada pemenang terbuat dari timah, tembaga dan antimony, dengan dilapisi emas 24 karat yang tebal


Hanya satu orang bernama Oscar yang menang Oscar - Oscar Hammerstein II, pada 1941 dan 1945.


Aktor Walt Disney memegang rekor meraih Oscar yang paling banyak, yaitu 22 penghargaan serta 4 hadiah kehormatan. Dua Oscar dan hadiah kehormatan diberikan secara anumerta.


Piala Oscar dikenal setelah seorang pustakawan Academy Margaret Herrick melihat patung tersebut di sebuah meja dan mengatakan, "kelihatan persis seperti pamanku Oscar!". Versi lain mengatakan Nama Oscar konon muncul setelah aktris Bette Davis mengatakan bahwa patung Academmy Award mirip suaminya, Harmon Oscar Nelson.


Ada satu film porno yang pernah memenangi piala Oscar, yaitu Midnight Cowboy, yang meraih Best Picture pada 1969.


Christopher Plummer adalah aktor terua yang menerima Piala Oscar untuk film Beginners. Plummer berusia 82 tahun saat menerima penghargaan tersebut.


Artis Vivien Leigh adalah artis pertama yang menjual piala Oscar yang diraihnya pada tahun 1939. Piala tersebut laku sekitar Rp 5,4 miliar di Sotheby, New York.


Marilyn Monroe mungkin menjadi legenda film, tapi dia tidak pernah dinominasikan dalam Academy Award, sehingga tidak pernah membawa pulang Piala Oscar.


Pada tahun 1942 aktris Greer Garson memecahkan rekor pidato penerimaan terpanjang, yaitu selama lebih dari satu jam.





Fresh Guacamole adalah film terpendek yang dinominasikan Oscar, hanya satu menit, 38 detik.